Kamis, 01 November 2012
Penyesalan
Setelah gw pikir-pikir, gw rada nyesel juga masuk universitas yang "ngakunya" world class university ini
setelah perjalanan sampai tingkat 3 ini, gw sudah mulai mengetahui apa sih karakter sebenarnya dari universitas ini. gw ngerasa pola pikir gw makin hari makin berkembang, makin terbuka akan apa yang ada di sekitar gw. karena itulah gw sekarang bisa menilai universitas gunadarma ini dengan pola pikir yang jauh berkembang. ya dulu waktu lulus SMA gw gatau apa2 tentang perkuliahan, sebenernya gw pengen masuk IKJ yang emang sebenernya jatidiri gw ada di seni atau kalo ga gw masuk jurusan komunikasi/broadcasting yang menarik buat gw. karena suatu dan berbagai hal yang menghalangi gw masuk ke sana maka gw putsin masuk Gunadarma. sebenrnya gw ga pernah terbersit sedikit pun kuliah di sini, tapi karena ada undangan masuk gunadarma dan dapet potongan biaya, yaudah lah gw coba aja. bahkan gw gatau harus masuk jurusan apa di universitas ini karena gw gatau jurusan apa aja yang ada di sana, dan keputusan buat masuk sastra inggris pun di putuskan hanya dalam waktu 1 menit, waktu gw datang pendaftaran liat daftar jurusan yang ada di sana ada sekitar 10 jurusan, sebenernya ga ada yang bener2 menarik hati gw.
tapi karena banyak yang bilang universitas ini tuh keren dan prospeknya bagus, dan emang kesan pertama yang gw dapet saat gw pertama kali masuk kampus D Gedung 4 emang keren, interiornya kaya mall. pake lift pula. hal itulah yang bikin gw makin mantap buat daftar, yaudah gw putusin masuk sastra inggris yang hanya gw putusin on the spot di ruang pendaftaran saat itu, tanpa mempertimbangkanya matang2. memang karena saat itu gw ngerasa yakin sama universitas ini. dan belum tahu kualitas sebenernya dari kampus ini, dan gw menyenangi sastra dan bahasa inggris. tapi sekarang semua terbalik 180 derajat. gw udah tahu kualitas yang sebenarnya dari kampus ini, kampus ini ngakunya world class university, dan mnegklaim sebagai universitas swasta terbaik di indonesia, tapi itu semua hanya omong kosong buat gw sekarang.
karena apa yang mereka akui gak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan, menurut gw gada pantes2nya mereka dapet gelar itu. mulai dari fasilitasnya deh, gak usah jauh2. di dalem kelas aja nih, AC tuh cuma kerasa dikit. bahkan di kampus G kadang AC tuh ga nyala, hari gini kuliah sambil kipas-kipas pake kertas tuh udah ga zaman bgt. ada lagi, kampus ini masih pake alat OHP. yang seharusnya tuh pake proyektor / infocus buat buat belajar. menurut gw sih kuliah pake proyektor akan lebih maksimal karena visual lebih mudah di tangkap otak daripada tulisan, dan bangku mahasiswa pun masih aja pake kayu, apa layak itu di sebut world class university?????
tapi sebenernya itu ga terlalu penting buat gw, karena yang lebih miris adalah ketika gw mendapatkan cukup banyak dosen yang menurut gw ga pantes di sebut dosen. ada dosen jarang masuk, ada juga dosen yang menurut gw tuh ga memberikan ilmu sama sekali, dia hanya membahas soal2, mengerjakan lalu koreksi soal yang di buat tanpa memberikan penjelasan mendalam. dan memberikan nilai A dan B cuma2, mayoritas teman2 gw senang dengan dosen yang seperti ini karena mereka ga usah susah payah dapet nilai bagus.
tapi buat gw itu tuh miris bgt, percuma nilai besar kalo isi otak kita ga berkembang. gada tugas, gada exercise, dan gada usaha dari mahasiswa buat menegmbangkan dirinya. entahlah bagiaman cara berpikir teman2 gw ini yang senang mendapatkan sesuatu secara mudah tanpa usaha yang hebat.
bagi gw proses pembelejaran dan mengembangkan diri lebih penting daripada mendapatkan nilai besar dengan cara yang mudah dan tidak elegan. dan ada lagi yang namanya UM (Ujian Mandiri) yaitu di mana mahasiswa dapat memperbaiki nilai mereka yang jelek menjadi bagus dengan mengikuti test berbayar, yang mungkin hanya formalitas buat gw, karena cheat dari jawaban UM itu udah beredar dimana-mana.
dan pihak dosen pun sepertinya udah tau akan hal itu. miris buat gw, bagaimana seseorang tanpa kualitas atau kelayakan akan dirinya bisa mendapatkan nilai bagus hanya dengan membayar test, dan mengerjakan test itu dengan cheat2 yang ada. sungguh miris, buat gw untuk mendapatkan nilai bagus itu ya harus usaha,
harus belajar, aktiv di kelas, dan berusaha secara jujur. praktek2 curang seperti ini yang bikin gw geleng-gleng kepala, bagaimana bisa maju indonesia apabila penerus bangsa berlaku seperti ini. cara shorcut seperti ini seharusnya di tiadakan, karena dengan adanya UM ini.
membuat mahasiswa terkesan "Menggampangkan" Nilai. mereka bisa membolos sesuka hati, jarang masuk, tidak mengerjakan tugas yang di berikan oleh dosen, tapi mereka bisa mendapatkan nilai bagus hanya dengan mengikuti UM. dan ada hal yang lain yang menurut gw aneh, jadwal UTS dan UAS. jadwal UTS dan UAS kampus ini tuh mungkin yang paling telat daripada kampus2 lain. dan sebulan adalah waktu UTS/UAS di mana kita hanya masuk beberapa hari di 1 bulan itu, misal kita dapat 7 matkul untuk UTS/UAS.
maka dalam waktu 1 bulan itu kita hanya masuk 7 kali/hari, dan masuk secara acak dan tidak berurutan.
bagi gw terlalu banyak libur atau waktu lengang itu gak baik, waktu yang ada tidak bisa di efektifkan dengan perkuliahan. justru yang ada terlalu banyak libur yang menurut gw bikin mahasiswa terlalu nyaman, tidak mendidik mahasiwa untuk lebih mengeluarkan effort yang hebat. oke yang terakhir itu pergaulan atau mayoritas watak anak2 gunadarma. pergaulan zaman sekarang emang bukan rahasia lagi kalo banyak yang menyimpang, dan begitu pula yang terjadi di gundar. setelah gw mencicipi tinggal di kost-an selama 2 bulan gw dapat banyak fakta bahwa begitu liarnya pergaulan di sana. bahkan ada tempat kost-an yang membebaskan siapa saja masuk, dan banyak yang terjadinya free sex, di mana gw mendapatkan cerita dari teman gw di mana sex bebas itu sudah biasa terjadi di lingkungan sekitar kampus.
dan menurut gw watak mayoritas dari anak gunadarma itu tidak mempunyai usaha yang keras untuk dapat nilai, karena begitu di manjakanya mereka dengan fasilitas UM. dan mereka hanya menggunakan status mahasiswa hanya untuk pencitraan, tidak ada usaha kerja keras layaknya seorang mahasiswa sejati.
tapi dalam catatan tidak semua mahasiwa begitu, masih banyak juga mahasiswa yng menurut gw layak di sebut mahasiswa. ya begitulah keadaan kampus gw dalam kacamata gw, sungguh memprihatikan tapi memang benar ini nyata! gw bukan menyindir atau apa, tapi hanya ingin mengeluarkan unek-unek gw. dan gw merasa baik2 aja sama temen kampus gw. ga ada masalah sama skali, dan yang gw sesali itu ya qualitas kampusnya, disini gw ngerasa ga bisa terlalu ngembangin kemampuan gw yg ada.
gw msh ngerasa ga ada kemajuan signifikan, harusnya gw bisa ngelakuin hal yang lebih. tapi apa? semua aspek di kampus ini ga bisa bikin gw lebih berkembang jauh. mungkin bertahan sampai gw dapat gelar S1 adalah hal terbaik, walaupun gw merasa sangat menyesal masuk kampus ini. ya mau bagaimana lagi? sekarang gw tingkat 3... sebentar lagi PI dan tahun depan skripsi. kalo resign mungkin tanggung waktunya, ya harapan gw sih semoga kampus ini bisa mengevaluasi diri. bisa melakukan hal yang lebih baik lagi sehingga gelar "wolrd class university" tuh bener2 layak di sandang. kalian yang baca tulisan gw ini mungkin adalah anak gundar, kalian boleh ga suka tulisan yang gw buat ini, tapi ini kenyataan. dan gw hanya mengeluarkan isi pendapat gw di sini. terimakasih
Langganan:
Komentar (Atom)